Cinta dari Darah dan Ruh


 

Lelaki itu sudah mengabdi pada ibunya sampai tuntas. Ia menggendong ibunya yang sakit lumpuh. Memandikan dan mensucikannya dari semua hadatsnya. Ikhlas penuh ia melakukannya. Itu balas budi dari seorang anak yang menyadari bahwa perintah berbuat baik kepada orang tua itu diturunkan Allah SWT persis setelah perintah Tauhid.

 

Tapi entah karena dorongan apa ia kemudian bertanya pada Khalifah Umar Bin Khattab: “Apakah pengabdianku sudah cukup untuk membalas budi ibuku?” Lalu Umar R.A, pun menjawab: “Tidak! Tidak Cukup! Karena kamu melakukannya sembari menunggu kematiannya, sementara ibumu merawatmu, mengasuhmu sembari mengharap kehidupanmu”.

 

Tidak! Tidak! Tidak!

Tidak ada budi yang dapat membalas cinta seorang ibu. Apalagi cuma meng-imbanginya. Sebab cinta seorang Ibu mengalir dari darah dan ruh. Anak adalah buah cinta dari dua hati. Namun ia tidak dititip dalam dua rahim. Ia dititip dalam rahim sang ibu selama sembilan bulan: disana sang janin hidup bergeliat dalam sunyi sembari mengunduh saripati kehidupan sang ibu. Ia lalu keluar diantar darah: inilah ruh baru yang dititip dari ruh yang lain.

 

Itu sebabnya cinta Ibu merupakan ‘cinta misi’. Tapi dengan ciri lain yang mem-bedakannya dari jenis ‘cinta misi’ lainnya, darah! Ya, darah! Anak adalah metamorfosis dari darah dan daging sang ibu, yang lahir dari sebuah ‘kesepakatan’. Cinta ini adalah campuran darah dan ruh. Ketika seorang ibu menatap anaknya yang sedang tertidur lelap, ia akan berkata di akar relung hatinya: itu darahnya, itu ruhnya! Tapi ketika ia memandang anaknya sedang merangkak dan belajar berjalan, ia akan berkata di dasar jiwanya: itu hidupnya, itu harapannya, itu masa depannya!

 

Itu silsilah yang menyambung kehadirannya sebagai peserta alam raya. Itu kenikmatan jiwa yang tercipta dari hubungan darah. Tapi diatas kenikmatan jiwa itu ada kenikmatan ruhani. Itu karena kesadarnnya bahwa anak adalah amanat ‘langit’ yang harus dipertanggungjawabk annya di Akhirat kelak. Kalau anak merupakan isyarat kehadirannya dimuka bumi, maka ia juga menjadi salah satu penentu kebahagiaannya di Akhirat kelak. Dari situ ia menemukan semangat bertumbuh tanpa batas: sang anak memberinya kebanggaan eksistensial, juga sebuah pertanggungjawaban dan sepucuk harapan tentang tempat yang lebih terhormat di surga nanti berkat do’a do’a sang anak. Dalam semua perasaan itu sang ibu tidak sendiri, sang ayah juga ber-serikat bersamanya. Sebab anak itu salah satu bukti kesepakatan jiwa mereka. Mungkin karena kesadaran tentang sisi dalam jiwa tua itu.

 

DR. Musthafa Sibai, menulis persembahan kecil dihalaman depan buku monumentalnya: “ Kedudukan Suunah Dalam Syariat Islam”. Buku ini, kata Sibai, kupersembahkan kepada ruh ayahandaku yang senantiasa melantunkan doa-doanya: “Ya Allah, jadikanlah anakku inisebagai sumber kebaikanku di Akhirat kelak”.

 

Do’a sang ibu dan sang ayah, selamanya merupakan potongan-potongan jiwanya! Karena itu ia selamanya terkabul!.

• Sumber: Ustdz. Anis Matta *

60 Respons to “Cinta dari Darah dan Ruh”

  1. love ALLAH forever……….

  2. APAKAH CINTA PERTAMA DI DAMANAKAN CINTA ABADI? APAKAH CINTA ITU ADA UNTUK MANUSIA?? N APAKAH CINTA ITU JAHAT

  3. Hargailah arti sebuah cinta,meski tak trlihat nyata.. Dari cintalah rasa damai akn trcpta.

  4. asep mulyadi Says:

    cinta!..cinta!..cinta..puciiiiing..:)):D
    ya Allah..[-o<..berilah aku hidayah..ku ingin kembali kepadamu :((

  5. saya sangat salut banget

  6. apakah haram hukumnya kalau kita pacaran
    tidak semsama muhrim.>>>>??

  7. subhanallah cinta kita yang utama harus pd ALLOH..
    Duhai ALLOH..jangan pernah tinggalkan kami..yg sll merindukan kasih sayangMU, cinta dunia dan akhirat.

  8. Ktka CnTa tLah B’SeMi dlm HaTi Qt mKa KtKa tU Lah Qt HrUs B’Siap tUk mNghadPi sMua msLah, Dan B. SiaPLah Tuk TunduK Pada CinTa…

    Mka B’Hti2 LaH dngn CinTa…

    • hanya cinta yang bisa menyejukkan hati terbakar api yang membara.tapi cinta bukan air sungai yang selalu mengalir kemana biasanya ia melabuh
      juga hanya cinta yang bisa menusuk lapisan pori tubuh kita yang terdalam,tapi juga bukan pisau yang selalu melukai,,,,,(–

  9. mencintai bukan berarti memiliki,
    q setuju jika kita relain orang yang kita cintai bwt orang lain jika itu kebahagiaanya….berarti kita gak egois

  10. ketika cinta berlandaskan iman dan taqwa maka akn bermuara pada firdausNYA,,,,,,,
    untuk para pemuda dan kader islam di seluruh indonesia,,,goodluck dalam menebarkan benih cinta ,,,karena allah swt,,,,

  11. cintailah siapapun yang menurutmu baik. dan tempatkanlah ia sesuai dengan porsinya dihatimu. karena hanya ALLAH kekasih sejatimu………

  12. y memang betul,seorang anak seharusnya membalas budi kepada orang tuanya semasa hidupnya.jangan d saat orang tua kita akan menghembuskan nafas terakhirnya.saya benar2 merasa bersalah kepada ke2 orang tua saya,,,,,,,karna blom merasa membalas budi semasa hidupnya…….love allah

  13. ” Cinta”
    p’ngrtian’a hny dpt d uraikan dlm bhsa olh yg blm m’rasakan “cinta” yg ssggh’a, sbb “cinta” itu p’ngrtian’a luas tak prnh ada bhs yg mampu m’ungkapkn’a,tak dpt t’jwb dlm bhs hny dpt t’rangkum dlm p’rasaan,
    twkah anda, jk cinta sdh merasuk d jiwamu, rumpt b’goyang d ajak bicra.. Angn lalu d ajak m’rayu.. Air m’ngalir bgai irama syahdu..
    Subhanallah..
    Maha suci Allah,
    mdh2n kt t’suci dr “cinta” yg tak d ridhoiNya..

  14. 1. cnta kpd ALLAH SWT.
    2. ke2 orgtua qt
    3
    4
    5
    cewek tu trahir
    he.he

    • niki aku nurul Says:

      pertama cinta kepada Allah Swt, kedua cinta kepada ke2 orang tua.. tapi jangan sok membuat statment cewek yang terakhir cz kecendrungannya adalah cewek no satu.. waspada lah dengan kesombonganmu.

  15. 3.sdr
    4.shbt
    5.bru deh pacar…..

  16. maria schrizt Says:

    i love ALLAH…..i love all…..i love boy

  17. cinta. satu kata berjuta makna. berjuta rasa berjuta kisah. . .

  18. Hargai Cinta.. Karena Dia pun akan meghargaimu.

  19. cinta itu ketawa dan air mata. oleh itu pergi dan hadirnya cinta adalah sebuah hakikat khdupn. Says:

    aku seorang pecinta lelaki. aku bangga dgn rasa cinta yg hadir wlu tnpa ku duga akn khdirnnya.. aku miliki sebuah cinta abadi wlu ak x dpt utk memilikinya namun ak brsyukur krn ak dpt merasainya.

  20. allah

    love allah number one in my life.
    just allah.
    just allah.

    ALLLAHUAKBAR.

  21. cinta sejati seorang hamba adalah kepada ALLOH.kemudian ROSUL,KEmudian IBU kita………..
    itu menurutku.
    dan tak ada pacaran yang islami,karna semua itu akan menuju pada dosa dan fitnah

    -putih bening-

  22. sempurna……………?????????????????
    lovo allah

  23. as lm mkm

    betul-betul-betul…..

    tapi.jangan lupa ambil hikmah nya……

    salm untuk cinta dari darah dan ruh

  24. CiNtA.. …
    sebuah anugrah…
    sebuah kata hati…
    indah…
    dan datangnya…
    dari yang Maha Kuasa

  25. Chici rastal Says:

    Cinta…

    Perasaan syg n ingn mmbhgiakn org yg d_ksihi

    cinta….

    Sbuah pgorbnan kestiaan n keju2ran

  26. Cinta tuch indah jika kita sudah merasa kn ny,,
    tp, klau belum,..

    Ehumb….

    Kasian deh loe…
    Hehehe,,

  27. Braty cinta it gk adil

  28. subhanallah

  29. Rizka cimuTZz Says:

    Cintailh pasangnmu dEngn stUls hati dan jgn pRnh kcewakn dy..
    Krna cinta tak biza d pRmainkn.

  30. ciNta iTu adLah jLn uNtuK berbuat maKsiat,,

    • IKA PURWASIH Says:

      Tidak semua cinta itu jalan untuk berbuat maksiat
      karena kita terlahir pun karena anugerah cinta
      cinta bisa mendatangkan banyak inspirasi kehidupan
      jangan pernah membenci cinta!
      cinta juga anugrah-Nya

  31. jasa ayah dan ibu jarang terlihat di mata kita…..
    namun ketahuilah bahwa sesungguhnya mereka-lah yang berani mengorbankan jiwa raga bahkan nyawa mereka hanya demi kita,,,,anaknya!!!!!!!!!!

    AYAH,,IBU,, AKU MENCINTAIMU…!!!!

  32. cinta yg suci adlah cinta yg tak pernah mati sekalipun orang yg kita cintai tak peduli

  33. bener g sich ??
    apa yang pepatah bilang?
    klo kita liat orang yang kita cintai bahagia , kita akan merasa bahagia ??
    walaupun kita yng sedang tersaiti???

  34. bkn…
    salah klo ada yang bilang cinta itu g adil
    karena cinta itu adil…
    hanya karena keberuntungan aza yang datang n pergi …..

  35. jika cinta itu manis mengapa ada org eank terracuni karena cinta
    jika cinta itu pahit mengapa banyak orang yang menantikan cinta
    jika cinta itu bermanfaat kenpa bnyk wktu eank terbuang krna mencintai
    jika cinta itu tak bermanfaat knpa bnyk org yg ingin merasakanny?!?!?
    aku bingung dgn cinta…

  36. Cinta itu..
    Bikin puzink..
    Mencintai orang yg tak mencintai,
    Dicintai orang yg tak dicintai,
    Gmana dunkz..??
    Udah aq coba belajar mencintai orang yang ga dicintai,tapi ga cinta2 jg..
    Huu..cinta itu..susah ditebak ya…
    Ga bisa diajak kompromi..!

  37. CINTA…… suatu yang bisa membuat para pencinta kadang merasa terbang keatas awan dan kadang merasa terhempas jauh ke dasar bumi yang paling dalam….. Cinta kepada manusia terkadang hanya mendapatkan harapan yang semu, harapan yang tak nyata. cinta kepada Sang Khalik lah yang abadi, yang selamanya tak kan merasa dikecewakan, Cinta yang nyata yang tak membuat hambaNYa hanya bermimpi mendapat balasab cinta… CINTA…… bisa kah aku mengartikannya????????

  38. Cnt sbuah anugrah yg tiada tandingany .org bs gla czny.

  39. Are_chie Says:

    Ya Allah…
    Aq mencintainya krnMU n aq rela melepasnya jg krnMU, maka rhidhailah cintaq yg bru krn q tau cintaMU bgtu indah….

  40. Ya Allah…
    Sayangilah mamahq, aq selama ini blm bs membhgiakannya… Justru selalu menorehkan luka d hatinya.
    Ya Allah…
    Mfknlh salah n hilafku bntu aq dlm membulatkn tekad berbakti kp ke 2 ortuq. Mamah i love u…

  41. Cinta adalah mencintai yang sejati yang tiada pernah terputus cintaNYA..

  42. ALLAH LOVE FOREVER

  43. sri juliarti Says:

    cinta adalah anugrah….^_^

  44. betty frida Says:

    “no time without love”

  45. kt orang cinta itu anugrah, tp apa kita akan menyebutnya anugrah lg ketika cinta hanya membut kita tersiksa. Apa lg org yg di cintai mencinta org lain, walau sakit di hati ini. tp kenapa hati ini masih mengharapkannya….
    Bagai manaya cara ngelupain org kita yg sayang????????????????????

  46. nasra kasih Says:

    Cinta.. aku x mgerti erti cinta, ssgunya aku menanti suatu hari nnt aku akn mengerti dan memahaminya..Ya allah ampuni segala dosa2 ku.

  47. moga aku temui cinta sejatiku…amin

  48. Insan Biasa Says:

    Cinta i2 suci,
    Maka Jangan pernah D nodai oleh Nafsu semata2,
    Jalan y terbaik utk mencintai adalah
    SiNaRiLaH cinta dgn cahaya keimanan agar kesuciannya tetap terpelihara.. Jagala batas pergaulan ant lelaki n wanita..

  49. jikalau itu lah cinta…ktk harus perjuang kan kerna bla org itu sdah tiada mka kta akn merasa kesal ats prbuatan kta dulu

  50. dlu kmi kwn enth cam ne kmi brcnta x smpai brpa thun,kmi pts mking kmi x de jdoh dh n mby de owg 3 kot

  51. camne erk nk ase kte dh jth cnte………….

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out /  Tukar )

Google photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google anda. Log Out /  Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out /  Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out /  Tukar )

Connecting to %s

%d bloggers like this: